Assalamualaikum Wr Wb! Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban Bikum ! Terima Kasih atas Kunjungannya Ke Web Kami Yang Sederhana kami ini ! Semoga Bermanfaat Buat Pengunjung Semuanya. Amin

Rabu, 30 Mei 2012

Sudah Benarkah Arah Kiblat Kita?

Jakarta (Pinmas)—-Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama, hari ini (Jum’at, 25/5) di Jakarta, menyatakan bahwa berdasarkan data astronomi, pada Minggu, 27 Mei 2012, pukul 16:18 WIB atau 17:18 WITA, matahari melintas tepat di atas ka’bah. Akibatnya, bayang-bayang setiap benda yang berdiri tegak lurus di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah.

“Pada saat matahari benar-benar berada di atas Ka’bah, semua benda yang berdiri tegak bayangannya akan mengarah ke Ka’bah atau yang dikenal dengan istilah Roshdul Qiblat,” tegas Jauhari.

Roshdul Qiblat merupakan momentum yang tepat untuk mengukur arah kiblat dengan mudah bagi wilayah-wilayah yang dapat melihat matahari pada saat peristiwa itu terjadi. Namun, peristiwa ini tidak berlangsung lama.

Kepada kaum muslimin, Jauhari menghimbau agar memperbaiki arah kiblatnya sesuai arah bayang-bayang benda.Jauhari juga mengingatkan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyesuaikan arah kiblat adalah: pertama, memastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau mempergunakan lot/bandul; kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan RRI atau Telkom. (mkd)

sumber : http://kemenag.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

JADWAL SHALAT DI SELURUH WILAYAH INDONESIA

Jazakumullah Kullu Khair Wa Ahsanu Jaza
Terima Kasih Atas Kunjungan nya !
Kirimkan segala Kritikan, saran dan masukan sobat-sobat semua
ke alamat : kuapeusanganselatan@gmail.com